11.03.2012

Ombre cake


Kali ini ada 3 resep yang ingin saya share. Yang pertama ini namanya Ombre Cake. Cake ini masih saudaraan sama rainbow cake. Yang kedua Chiffon Cake Keju dan yang terakhir Brownis Kukus. Wah kok banyak sekali ya. Ceritanya, orang tua mau membawa  "buah tangan" untuk keluarga yang mau nikah. Lalu saya usul untuk buat kue sendiri saja dan dengan pede saya mengajukan diri untuk bantu buat...eh disetujui. Alhamdulillah...sudah lama juga ga bikin cake.

Seperti biasa saya cari resep di google. Didapatlah cake peetama yaitu Ombre Cake di vemale.com. Seperti rainbow cake yang warna warni seperti pelangi hanya saja warna di cake ini hasil gradasi dari 1 warna. Mulai dari yang paling lembut sampai yang paling mencolok.  ini resep aslinya

Bahan:

100 gram tepung terigu

75 gram gula pasir

10 gram susu bubuk

100 gram mentega, dilelehkan

5 putih telur

3 kuning telur

1/4 sdt garam

1 sdt emulsifier/TBM (saya tidak pakai)

Pewarna makanan petal pink, bentuk bubuk

Frosting:

Butter cream warna putih

Sedikit pewarna petal pink

Cara Membuat:

1. Gabungkan telur, gula pasir, garam dan emulsifier, kocok dengan mixer hingga mengembang rata.

2. Ayak tepung terigu dan susu bubuk, masukkan sedikit demi sedikit ke dalam kocokan sambil terus diaduk.

3. Tuang mentega cair sedikit demi sedikit dan terus aduk.

4. Bagi adonan menjadi enam bagian, tempatkan di wadah yang berbeda.

5. Beri adonan pertama dengan sedikit pewarna bubuk, aduk rata. Tambahkan pewarna jika dirasa kurang kuat warnanya.

6. Lanjutkan dengan adonan kedua dan seterusnya dengan menambah intensitas warna yang semakin kuat/mencolok.

7. Olesi loyang dengan mentega dan taburi dengan tepung agar tidak lengket. Panaskan oven di suhu 180oC.

8. Tuang 6 adonan ke dalam 6 loyang yang berbeda. Panggang adonan hingga matang, kurang lebih 25 menit.

9. Lepaskan cake dari loyangnya setelah matang, biarkan dingin.

10. Ratakan permukaan atas setiap cake hingga membentuk lempengan yang lurus. Caranya, potong permukaan yang menonjol.

11. Susun cake dengan warna yang paling gelap di bagian bawah, olesi dengan butter cream kemudian tumpuk dengan lapisan warna yang sedikit lebih muda. Begitu seterusnya hingga lapisan yang paling atas adalah cake yang berwarna paling muda.

12. Oleskan frosting di bagian luar cake, ratakan dengan cream polisher, hias dengan motif yang disuka.

Tapi....sayaaaang skali. Cake ini saya nyatakan gagal. Bantet saudara-saudara hiks hiks hiks. Jadi down untuk bikin cake lain. But show must go on. Saya lanjutkan ke resep berikutnya. Oya setelah saya review kesalahan apa yang mungkin saya buat sampe cake ini jadi bantet kemungkinan terbesar adalah karena saya dengan pede nya mengganti pewarna bubuk dengan yang cair. So... Kalau mau buat cake ini.pakailah pewarna yang bubuk. Ok...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar