11.01.2012

Memilih loyang dan mengatur suhu oven


Sumber:  http://jacifira.multiply.com

Kadang-kadang di sebuah resep cake tidak dicantumkan ukuran loyang yang harus digunakan. Ini membingungkan bagi pemula yang baru belajar membuat kue.

Disini ditulis standar ukuran loyang berdasarkan jumlah telur yang digunakan. Selain cake sarang semut/Bolu karamel, umumnya kue menggunakan telur ukuran sedang.

 

Standar loyang

Cake dengan telur 3 butir gunakan loyang ukuran 15 cm

Cake dengan telur 4 butir gunakan loyang ukuran 18 cm

Cake dengan telur 5 butir gunakan loyang ukuran 20 cm

Cake dengan telur 6 butir gunakan loyang ukuran 22 cm

 

Bila menggunakan loyang tulban (Loyang Cincin) maka ukuran loyang dikurangi 1 tingkat.Misalnya loyang tulban 20 cm untuk cake dengan telur 4 butir.

 

 

Mengatur suhu Oven

Bila suhu dan waktu pemanggangan tidak dicantumkan pada resep, cobalah atur oven pada suhu 180 derajat dan waktu baking 30 menit untuk sponge cake, batter cake, pound cake dan kue kering ukuran agak besar.

Untuk soes dan bolu gulung umumnya menggunakan suhu tinggi antara suhu 190 sampai 200 derajat celsius. Sedangkan untuk cheese cake biasanya suhu yang digunakan berkisar antara 130-150 derajat celsius.

Bila setelah 15 menit cake sudah nampak sangat coklat atau mulai merekah, ini menandakan oven terlalu panas,  turunkan suhu sebanyak 5 atau 10 derajat dan teruskan pematangan kue.

Tapi bila setelah 15 menit kue masih terlihat pucat dan belum naik, maka naikkan suhu oven sebanyak 5 sampai 15 derajat tergantung kondisi cake saat itu.

Setelah 30 menit buka oven dan test cake matang atau belum dengan cara di tusuk dengan lidi atau tusuk sate. Bila tidak ada bahan cake yang menempel itu bertanda kue sudah matang. Tapi bila ada yang menempel masukkan lagi ke oven dan teruskan pemanggangan kue.

Tentu semua ini berlaku sangat umum. yang terpenting kenali oven masing-masing.

jangan lupa menambahkan suhu dan lama pemanggangan di resep yang dicoba. Agar sewaktu ingin membuat cake atau kue itu lagi, kita sudah punya standar suhu dan waktu pemanggangan yang tepat.

 

3 komentar: