9.28.2013

nasi gulung (bekal sekolah anak)

Menu ini dibuat hari rabu kemarin ketika saya dapat giliran bawa makanan sehat untuk anak di TK rasyid. Memang saya yang minta jadwal giliran di tanggal tersebut mengingat kemungkinan bulan depannya rasyid akan pindah sekolah. Yang saya tidak tahu adalah ternyata tanggal tersebut juga jadwalnya anak anak renang. Jadi makanan untuk +- 40 porsi anak yang biasanya bisa dibawa jam 8an, saya perkirakan jam 7 harus sudah ready karena rencananya berangkat renang jam 7.30.  Waduh putar otak deh menu apa y yang easy n simple, sehat dan tentunya disukai anak anak.

Akhirnya pilahan saya jatuh pada menu ini, nasi gulung a.k.a sushi tanpa nori hehehe... karena saya pikir ga semua anak suka nori selain itu juga budgetnya tidak mencukupi. Resepnya saya arransemen ulang dari berbagai resep yang bertebaran di dunia maya. Ya saya sesuaikan dengan budget n selera anak beginilah hasilnya.

Ini bahan yang saya siapkan:

Beras  2,5 liter (sudah dicampur dengan         beras ketan 4 genggam)

telur  2 kg

nugget ayam bentuk stik 1 kg

wortel  0,5 kg (buang empulurnya, belah tipis memanjang kemudian dikukus)

timun  3/4 kg (buang bijinya, belah tipis memanjang)

Kecap asin

garam n merica

saus tomat

sushi mate (bambu untuk menggulung sushi)

ini yang saya lakukan:

1. Masak nasi. pilih beras yang pulen, kalau sudah pulen tidak perlu dicampur ketan. sisihkan

2. Aduk wortel dengan kecap asin, demikian pula dengan timun. kecap asin secukupnya saja sampai wortel n timun teraduk rata. sisihkan

3. Telur dikocok rata beri garam dan merica secukupnya saja karena sayur sudah diberi kecap asin. Kemudian didadar tipis tipis (saya buat di penggorengan anti lengket bentuk kotak). lakukan hingga telur habis. sisihkan

4. goreng nugget. sisihkan

5. setelah semua bahan siap baru kita lakukan penggulungan. pertama siapkan letakkan sushi mate kemudian telur dadar lalu nasi. nasinya ditebar tipis merata (tekan tekan sesikit dengan ujung jari yang sudah dibasahi) diarea sushi mate sisakan sedikit dipinggirnya karena nanti pada proses menggulung nasi akan melebar. setelah itu susun dibagian pangkal sushi mate wortel timun dan nuget dengan posisi memanjang. Barulah lakukan proses penggulungan. jangan lupa waktu penggulangan agak di tekan supaya padat dan tahan jangan ada yang keluar dari ujung gulungan. Agak susah ya mendeskripsikannya tanpa gambar. karena bikinnya dibatasi waktu saya tidak kepikiran untuk foto2. Tapi yakin deh bikinnya ga sesulit deskripsinya... ya 3 gulungan pertama anggaplah pemanasan. selanjutnya kita sudah biasa.

6. Lakukan sampai porsi mencukupi atau bahan habis. setelah itu potong potong 1,5 - 2 cm atau sesuai selera.

Saya buat yang wajib 40 porsi, masih ada sisanya ya cukuplah untuk icip icip orang dirumah n berbuat baik silaturahmi ke tetangga hehehehe...

Oh ya satu lagi menu yang saya buat yaitu puding jeruk. resepnya sudah pernah saya post sebelumnya.

Akhirnya selesai juga walaupun meleset 15 menit dari target saya. Dan hasilnya alhamdulillah anak anak suka...

Saya tidak sempat mengabadikannya dalam bentuk foto tapi sempat menyelamatkan bekal punya rasyid n rajwa untuk saya foto sebelum mereka makan hahahaa

Posted via Blogaway

Posted via Blogaway


Posted via Blogaway

1 komentar: